BEDAH SKRIPSI Dalam rangka berbagi pengalaman dan pemahaman akademik di kalangan mahasiswa

Ciamis, 19 Januari 2022 – Dalam rangka berbagi pengalaman dan pemahaman akademik di kalangan mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an & Tafsir, kembali menyelenggarakan sebuah acara KIAMAT (Kajian Masyarakat IAT) dengan judul acara bedah skripsi yang mengundang perhatian dan antusiasme mahasiswa.


Acara yang diadakan di Aula Jenderal Sudirman ini menghadirkan tiga pemateri dari kalangan mahasiswa sendiri yanga baru menyelesaikan skripsinya, Hani Nurhalimah, S.Ag. membawakan judul “Al-Qur’an Memotret Tubuh Perempuan”, yang membahas tentang perspektif Al-Qur’an terhadap tubuh perempuan. Dida Aujan, S.Ag. mempresentasikan skripsinya dengan judul “Teologi Tanah Perspektif Al-Qur’an”, yang membahas tentang pandangan Al-Qur’an terhadap tanah sebagai salah satu elemen inti dalam kehidupan manusia. Vanny Ivanny Hika, S.E., S.Ag. mengulas skripsinya yang berjudul “Makna Tartil dan Taysir dalam Al-Qur’an”, yang mengeksplorasi makna dan aplikasi tartil dan taysir (kemudahan) dalam konteks pembacaan Al-Qur’an.


Tiga pemateri tersebut kemudian ditanggapi dan dikritisi oleh pembedah, Ahmad Labib Majdi, M.A., seorang dosen yang memilki komptensi dalam studi Al-Qur’an. Diskusi yang terjadi antara pemateri dan pembedah melahirkan wawasan baru dan memperkaya pemahaman peserta tentang kajian Al-Qur’an dan cara cara menulis skripsi dengan baik, Acara bedah skripsi ini dipandu oleh moderator, Yazan Miftah Faisal, seorang mahasiswa dari IAT yang berhasil menghangatkan suasana dengan celetukan celetukanya.

Melalui acara ini, HMPS IAT memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mendalami Al-Qur’an melalui kajian skripsi yang telah akan sangat bermanfaat bagi sesama mahasiswa. Sebagai hasil dari kerja keras dan dedikasi mahasiswa, bedah skripsi ini menjadi tempat untuk sharing antar mahasisawa terkait pengalaman menulisnya.
(Tim Redaksi Prodi IAT/ISR)

Scroll to Top