Prodi IAT melaksanakan Program Praktik Kerja Lapangan (PPL) di Pondok Pesantren LSQ Ar Rohmah, Bantul

Bantul. 19 Maret 2022.  Setelah melewati perjalanan Ciamis-Yogyakarta sejauh 296 kilometer, rombongan peserta dan dosen pembimbing lapangan (DPL) program Praktik Kerja Lapangan (PPL) Prodi IAT akhirnya sampai di lokasi PPL yang berada di Pondok Pesantren LSQ Ar Rohmah, Bantul. Sebanyak 16 peserta dan 4 DPL  diterima dengan suka cita oleh Dewan Kyai PP LSQ Ar Rohmah Bantul.

Program dimulai dengan pembukaan PPL yang dibuka langsung oleh Pengasuh PP LSQ Ar Rohmah, Prof. Dr. KH. Abdul Mustaqim, Lc., M.Ag. dan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Hammad Mutawakkil Hibatillah, S.Sos., M.Pd. Dalam sambutannya, Hammad menyatakan bahwa program PPL Prodi IAT merupakan sebuah terobosan baru di lingkungan IAID. Program IAT memberangkatkan PPL ke luar daerah Ciamis merupakan langkah yang menurutnya terbilang inovatif-progresif.

 Hal senada juga ditegaskan Fahmy Farid Purnama. Ia mengamini arah visi IAT yang selalu berhaluan pada gerak penelitian mengarahkan output nya pada program PPL. Selain itu baginya, PPL tidak semata program formal ke prodian, tapi lebih jauh dari itu, PPL merupakan kawah candradimuka untuk mematangkan nalar berfikir mahasiswa IAT. Di akhir sambutannya, Fahmy menegaskan tujuan PPL IAT dalam tiga dimensi; rihlah ilmiyah, rihlah tsaqafah wal hadarah, dan rihlah al-qahwah.

Di konfirmasi di kesempatan yang berbeda, Fashli Maulana, salah satu peserta memberikan testimoninya. “Beneran sih, beda banget PPL IAT, gak cuma dapet teori, tapi dapat pengalaman yang Yogya banget.” imbuhnya. 

(Tim Redaksi Prodi IAT/ISR)

Scroll to Top