Sidang Munaqasyah Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Studi Agama

Ciamis, 8 Desember 2022. Sebanyak 15 mahasiswa mengikuti Sidang Munaqasyah atau Ujian Skripsi yang digelar Prodi IAT di Gedung Perkuliahan FUSA RUang C2 dan C3. Kelima belas peserta mempertahankan tugas akhir mereka di hadapan para penguji yang secara ketat memberikan kritikan dan pertanyaan atas riset masing-masing.

Kusnadi, salah satu peserta Ujian Munaqasyah menyatakan bahwa ia merasa tegang dan resah sebelum mengikuti Ujian tersebut. “Sampe gak bisa tidur, puasa dulu beberapa hari sebelum pelaksanaan ujian biar lancar” timpalnya. Hal senada juga disampaikan oleh Cut Desi. “Kalau saya pas ujian sampe keringetan, soalnya ujian di IAT serasa Hari Akhir” imbuhnya.

Dikonfirmasi pada kesempatan yang berbeda, Fahmy Farid Purnama, Kaprodi sekaligus Penguji pada ujian tersebut menegaskan kalau Ujian Skripsi tidak hanya menjadi program formalitas semata. Baginya, Ujian Skripsi adalah salah satu proses yang menunjukan konsistensi dari pencapaian mahasiswa. Dengan demikian mahasiswa tidak boleh menggadaikan idealitasnya dengan menghalalkan segala cara demi berhasil mengikuti ujian tersebut. 

(Tim Redaksi Prodi IAT/ISR)

Scroll to Top