Ujian Komprehensif Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama

Ciamis, 16 Agustus 2022. Sebanyak 15 mahasiswa/i Prodi IAT menjadi peserta Ujian Komprehensif yang digelar di Ruang C2 dan C3 Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama. Program ini digelar sebagai tindak lanjut dari Program Kerja Prodi serta menindaklanjuti hasil musyawarah Dekanat dan Prodi. Ujian Komprehensif dibagi menjadi 3 majelis yang terdiri dari 5 mahasiswa dan 2 penguji per-majelis. 

Adapun materi-materi yang diujikan mengacu pada Buku Panduan Ujian Komprehensif yang sebelumnya sudah diberikan SK oleh Dekan serta telah disosialisasikan kepada para mahasiswa. Materi-materi tersebut setidaknya mencakup mata kuliah dari semester awal hingga akhir. Diantara materi tersebut yaitu Baca Tulis Al-Qur’an, Tafsir, Ushul At-Tafsir, Pemikiran Tafsir, Ulum Al-Qur’an, dan lain sebagainya.

Yazan Miftah Faisal, salah seorang peserta menyatakan bahwa pada Ujian Komprehensif ia menyadari akan pentingnya materi-materi yang ia kaji selama ini di kampus. Selain itu ia juga merasakan bahwa banyak wacana yang dipelajari di kelas sangat relevan dengan problematika yang ia hadapi.

Ditemui di tempat yang berbeda, Safruroh, Lc., M.Pd menyatakan bahwa pada gelaran tersebut merupakan momen evaluasi dari alur proses pendidikan yang ada di kampus. Ujian Komprehensif bisa menjadi alat ukur untuk menilai sejauhmana proses penanaman materi terhadap mahasiswa tersampaikan atau tidak. 

(Tim Redaksi Prodi IAT/ISR)

Scroll to Top